Energi matahari sebagai sumber energi alternatif

0 5

Apa itu Energi Alternatif ?

Degolar Online – Ada banyak energi yang dapat kita gunakan jika kita hanya berusaha untuk meneliti dan mengembangkan teknologi yang diperlukan untuk melakukannya. Kita bisa menjauh dari bahan bakar fosil dan jaringan listrik lama dengan beralih ke alternatif ke sumber energi ini.

Salah satu sumber energi alternatif ini adalah tenaga angin. Turbin angin terus dikembangkan yang semakin hemat energi dan lebih murah. “Wind farms” telah bermunculan di banyak negara, dan mereka bahkan menjadi lebih strategis dari waktu ke waktu sehingga mereka tidak membahayakan burung seperti turbin angin sebelumnya.

Sumber energi alternatif lain adalah salah satu yang paling terkenal: energi matahari. Ini melibatkan pembuatan sel surya yang mengumpulkan dan memfokuskan energi yang dilepaskan langsung oleh matahari, dan menerjemahkannya menjadi listrik atau, dalam beberapa kasus, air panas. Seperti energi angin, energi matahari menciptakan polusi nol mutlak.

Energi gelombang laut dilihat oleh pemerintah dan investor memiliki potensi penghasil energi yang sangat besar. Sebuah generator di Perancis telah beroperasi selama bertahun-tahun dan dianggap sebagai sukses besar, dan orang-orang Irlandia dan Skotlandia menjalankan fasilitas eksperimental.

Energi matahari sebagai sumber energi alternatif

Tenaga hidroelektrik telah bersama kami untuk sementara waktu dan di mana sudah diatur, itu adalah generator listrik yang kuat dan lebih bersih daripada grid. Namun, ada batasan tertentu untuk ketersediaan tempat yang tepat untuk mendirikan bendungan besar. Banyak pembangkit listrik tenaga air yang dibangun di sungai, atau kecil dan terlokalisir, telah dibentuk belakangan ini karena keterbatasan ini.

Energi panas bumi sangat melimpah, karena terletak tepat di bawah kaki kita, hanya beberapa mil di bawah permukaan bumi. Energi ini dihasilkan oleh pemanasan air melalui aksi-aksi inti leleh bumi yang luar biasa panasnya. Air berubah menjadi uap, yang dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk menggerakkan mesin turbin yang pada gilirannya menghasilkan listrik. Sejumlah besar penelitian dan pengembangan harus dimasukkan ke penyadapan energi panas bumi.

Energi gas buang, yang pada dasarnya adalah metana, membalikkan hubungan polusi energi yang biasa dengan menciptakan energi dari limbah yang terletak di tempat pembuangan sampah dan dari beberapa polutan udara. Gas ini digunakan dalam sel bahan bakar dan dapat digunakan dalam generator bensin standar.

Etanol adalah pengganti bensin dan dibuat dari hal-hal seperti gandum, tebu, anggur, stroberi, jagung, dan bahkan serpihan kayu dan selulosa kayu. Ada kontroversi mengenai bahan bakar ini berkaitan dengan yang pernah menjadi benar-benar ekonomis atau praktis kecuali di daerah yang sangat lokal, tetapi teknologi untuk ekstraksi dan admixturing terus disempurnakan.

Energi biodiesel dibuat dari minyak yang terkandung dalam tanaman. Sejauh ini, toko-toko komersial biodiesel telah dibuat menggunakan kedelai, rapeseed, dan minyak bunga matahari. Pada saat penulisan ini, biodiesel biasanya diproduksi oleh individu yang berpikiran kewirausahaan atau mereka yang ingin bereksperimen dengan energi alternatif, tetapi minat komersial dari perusahaan terus meningkat. Itu membakar jauh lebih bersih daripada diesel berbasis minyak.

Energi atom diciptakan di pabrik energi atom menggunakan proses fisi nuklir. Energi ini sangat efisien dan dapat menghasilkan tenaga dalam jumlah besar. Ada kekhawatiran dari beberapa orang tentang apa yang harus dilakukan dengan jumlah yang relatif kecil dari sisa energi atom yang dihasilkan, karena bersifat radioaktif dan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk membusuk menjadi tidak berbahaya.

Energi Matahari Dikumpulkan sebagai Sumber Energi Alternatif

Sel-sel fotovoltaik — kotak-kotak hitam semacam itu yang terdiri dari panel surya — menjadi lebih efisien, dan secara bertahap lebih murah, sepanjang waktu, berkat desain yang selalu lebih baik yang semuanya memfokuskan sinar matahari berkumpul pada titik yang lebih banyak dan lebih terkonsentrasi. . Ukuran sel menurun seiring meningkatnya efisiensi, yang berarti setiap sel menjadi lebih murah untuk diproduksi dan sekaligus lebih produktif. Sejauh biaya yang disebutkan di atas, harga produksi energi yang dihasilkan matahari per watt jam telah turun menjadi sekitar 25.000 – 50.000 pada saat penulisan ini. Hanya 17 tahun yang lalu, harganya hampir dua kali lipat.

Pembangkit listrik tenaga surya tentu baik untuk lingkungan, karena bentuk alternatif menghasilkan energi ini benar-benar mengeluarkan nol emisi ke atmosfer dan hanya memanfaatkan salah satu yang paling alami dari semua hal sebagai pengemudinya. Sel-sel pengumpulan surya menjadi perlahan tapi pasti lebih praktis untuk ditempatkan di atas atap rumah orang, dan mereka bukan sistem yang sulit digunakan untuk memanaskan rumah seseorang, menciptakan air panas, atau menghasilkan listrik. Dalam kasus menggunakan sel fotovoltaik untuk pembangkit air panas, sistem bekerja dengan memiliki air yang terbungkus dalam sel, di mana ia dipanaskan dan kemudian dikirim melalui pipa Anda.Energi Alternatif

Sel fotovoltaik menjadi semakin lebih baik dalam mengumpulkan radiasi yang cukup dari matahari bahkan pada hari-hari mendung atau badai. Salah satu perusahaan khususnya, Uni-Solar, telah mengembangkan koleksi koleksi surya untuk rumah yang bekerja dengan baik pada hari-hari buruk, melalui sistem berteknologi lebih maju yang menyimpan lebih banyak energi pada satu waktu selama hari-hari yang diterangi matahari daripada sebelumnya atau array lain.

Sebenarnya ada sistem tenaga surya lain yang tersedia untuk digunakan yang disebut Sistem PV. Sistem PV terhubung ke jaringan listrik terdekat; setiap kali ada kelebihan energi matahari yang dikumpulkan di rumah tertentu, itu ditransfer ke grid untuk digunakan bersama dan sebagai sarana untuk menurunkan ketergantungan grid pada produksi listrik yang digerakkan oleh tenaga listrik. Terhubung dengan Sistem PV dapat menekan biaya Anda jika dibandingkan dengan energi surya penuh, sementara sekaligus mengurangi polusi dan mengambil tekanan dari sistem grid. Beberapa daerah sedang merancang koleksi koleksi surya terpusat untuk kota-kota kecil atau komunitas pinggiran kota.

Beberapa nama besar perusahaan telah menjelaskan bahwa mereka juga masuk ke tindakan menggunakan tenaga surya (indikasi lebih lanjut bahwa energi yang dihasilkan matahari menjadi sumber energi alternatif yang layak secara ekonomi). Google menempatkan di pembangkit listrik tenaga surya 1,6 megawatt di atap kantor pusat perusahaan, sementara Wal Mart ingin menempatkan dalam sistem 100 megawatt yang sangat besar itu sendiri.

Negara-negara seperti Jepang, Jerman, Amerika Serikat, dan Swiss telah memajukan penyebab produksi energi matahari dengan memberikan subsidi pemerintah atau dengan memberikan keringanan pajak kepada perusahaan dan individu yang setuju untuk memanfaatkan tenaga surya untuk menghasilkan panas atau tenaga listrik. Seiring kemajuan teknologi dan penyimpanan yang lebih besar dari bahan koleksi matahari tersedia, semakin banyak investor swasta akan melihat nilai investasi dalam teknologi “hijau” ini dan lebih jauh implementasinya jauh lebih banyak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.